Menyulap BSD City menjadi Silicon Valley

BSD City becomes Silicon Valley ?



Bermula dari beberapa dekade lalu , Sinarmas Land mulai mengubah ribuan hektar lahan mentah di Tangerang Selatan menjadi sebuah konsep perkotaan yang sekarang kita sebut BSD City . Dan dalam beberapa tahun terakhir BSD City sudah menjelma sebagai kota mandiri yang mampu menawarkan kelengkapan hampir seluruh kebutuhan hidup dan menjadi kawasan favorit residensial dari dan luar Tangerang .

Kini Sinarmas Land sedang fokus untuk membawa BSD City ke next level , menjadikan BSD City sebagai pioneer smart city yang berbasis teknologi digital berkelanjutan . Bukan hanya sekadar penyediaan jaringan internet di gedung dan rumah-rumah , BSD City akan membangun sebuah jaringan besar yang menghubungkan semua aspek kehidupan di dalam wilayahnya dari Timur hingga Barat mulai dari akses transportasi , pembayaran utilitas , info traffic , kesehatan , hingga entertainment ke seluruh kota .

Smart City sendiri merupakan konsep perencanaan kota dengan memanfaatkan teknologi untuk kehidupan yang lebih nyaman , efisien , dan efektif yang belakangan memang sering kita dengar di berita nasional dengan Pemprov DKI Jakarta sebagai pelaksana untuk menjadikan Jakarta sebagai Smart City .

Nah selain menjadikan BSD City sebagai Smart City , ada planning yang lebih besar yaitu menjadikan BSD City sebagai Silicon Valley-nya Indonesia . Ide nya adalah mendirikan sebuah kawasan yang nantinya akan dihuni oleh banyak perusahaan teknologi dan bersinergi satu sama lainnya , hal ini sangat dimungkinkan mengingat ketersediaan lahan yang besar di BSD City serta jaringan pendukung teknologi yang memadai .

Yang terbaru salah satu perusahaan pemodal yang memang berfokus di pembiayaan startup company berbasis teknologi yaitu East Ventures membuka kantornya di The Breeze BSD City . East Ventures mampu membuka jalan bagi start up company kecil untuk berkembang melalui pemodalan yang ditawarkan , tentunya merupakan angin segar bagi banyak pelaku di bisnis ini.

Dari segi resource dan planning yang matang , mimpi untuk menjadikan BSD City sebagai The Real New Silicon Valley in Indonesia sepertinya bukan angan-angan belaka , patut kita tunggu perkembangannya .




0 Response to "Menyulap BSD City menjadi Silicon Valley"

Post a Comment